Featured post

Group seni musik dan budaya Mambesak tak pernah membubarkan diri

Th Wolas Krenak, Koordinator Bidang Tari Group Mambesak, mantan wartawan Suara Pembaruan Jakarta liputan Istana Presiden era Megawati.- Jubi...

Search This Blog

slider

Tuesday, April 9, 2024

MAKNA DARIPADA LAGU WILAYAH YALI BESAR

Makna lagu.

Dalam budaya yali masing-masing suku ada beda seni selalu mendominasi berbagai aspek kehidupan manusia. Ada dua unsur seni yang ditonjolkan dalam budaya Yali, yaitu seni menyanyinya atau disebut dansa adat. Dan menghias tubuh.dalam seni suara, lebih ditekankan pada lagu-lagu yang melantunkan berbagai aktivitas kehidupan. 

Syair-syair lagu menampilkan situasi konkrit di Alam ini.lagu juga bisa merupakan gambaran dari suatu situasi,masa lalu,kini dan gambaran masa depan.melalui lagu orang hendak mengungkapkan peristiwa, imajinasi, cita-cita, relasi sosial dan hubungan manusia dengan alam. 

Lagu dalam Budaya yali dan sekitarnya. Dikelompokkan dalam kategori -kategori yang lebih khusus dan terperinci yang berhubungan dengan berbagai unsur dan aspek kehidupan manusia dan budaya, sistem pengelompokkan dilakukan berdasarkan sejenis lagu, irama lagu, fungsi dan makna dari tiap lagu. 

Berdasarkan kajian yang telah kami lakukan sebelumnya, jenis -jenis lagu dalam masyarakat dapat dikelompokkan dalam dua belas jenis lagu, yaitu lagu ritus, lagu penyembuhan orang sakit, lagu pengusir penyakit dan roh jahat,lagu untuk kesuburan tanah, lagu sewaktu menanjapkan pilar rumah,lagu perdamaian, lagu kemenangan, lagu ratapan, lagu kesuburan dan kemakmuran kampung, lagu memuji pemimpin, lagu ungkapan cinta, lagu mengenai lingkungan Alam, lagu _lagu politik bangsa dan lagu_ lagu kritik media sosial.

Kata Ibrahim peyon.

No comments:

Post a Comment