Featured post

MAKNA DARIPADA LAGU WILAYAH YALI BESAR

Makna lagu. Dalam budaya yali masing-masing suku ada beda seni selalu mendominasi berbagai aspek kehidupan manusia. Ada dua unsu...

Search This Blog

slider

Sunday, June 5, 2022

Sadarilah KEMAJUAN DUNIA USAHA OAP HARI INI

(Mari kita analisa tulisan ini)
=======================
*KEMAJUAN DUNIA USAHA OAP HARI INI*

Kesadaran OAP dalam dunia usaha hari ini sedang terbangun dengan sangat baik dalam berbagai aspek seperti:
1. Kios Sembako
2. Rumah makan
3. Makanan ringan
4. Perbengkelan
5. Apotik
6. Perhotelan dan ruko
7. Elektronik
8. Cv dan PT
9. Transport
10. Dll

Hal² ini dulu karena OAP menjadi penonton pintar kritik di media tetapi hari ini sudah menjadi pelaku. Kalau kita lihat dengan sadar, potensi (modal) sudah tersedia pada OAP misalnya:

1. Tempat usah (OAP tuan Tanah)
2. Uang (bohong kalau tidak ada)
3. Bangunan (Bahan milik OAP)
4. Angkutan (banyak punya kendaraan)
5. Tenaga (banyak pengangguran)
6. Pengetahuan (tergantung niat)
7. Konsumen (paling banyak pembeli OAP)
8. Bahan/Barang (tergantung)
9. Dll

Hal-hal penentu dalam dunia usaha saat ini untuk OAP antara lain:

_1. Bangun Kesadaran konsumen (pembeli) khusus OAP melalui seminar², diskusi² dalam kelompok², suku², keluarga², gereja² dsb._

 Alasan yang perlu kemukakan al:

OAP dalam hal belanja tidak pernah sadar saya kala belanja beli barangnya siapa? Uang saya perkaya siap? Kalau saya kena musiba atau masalah, saya akan pergi ke siapa atau siap yang akan datang bantu saya? 

OAP Kalau ada uang pergi beli sama non-OAP, jual tanah sama non-OAP, carter mobil sama non-OAP, dll. Nanti kalau susah baru sadar cari/ ingat keluarga dan datang ambil utang, pinjam uang, minta dll sebagaianya di keluarga OAP. 

OAP tidak sadar kalau kunci utama yang suru non-OAP berkembang, maju dan kuasai tanah PAPUA adalah kita OAP sendiri. 

Kita Tidak sadar kalau kita dianggap binatang buas lalu kios dan tempat² usaha mereka dibuat dengan trali besi hindari penjahat belanja tetapi masi mau beli disitu. Harusnya OAP pikir dengan matang, trali besi dibuat supaya OAP jangan datang beli disitu tapi masi mau datang beli disitu, waktu kita datang beli secara tidak langsung mereka anggap "binatang ada datang beli barang manusia/non-OAP).

Istilah lain dalam dunia bisnis "pembeli adalah Raja" tetapi terhap OAP seenaknya mereka berkata: mana uang!, Bayar dulu!. Tidak bisa! Mau apa! Kenapa!, Sama siapa! Layani OAP dengan kasar, paksa, harga suka² mereka, bentak², tekan², sangat tidak ramah, dll (bengkel², kios², apotik², kantor²pun juga demikian dll semuanya sama saja). Lihat saja saat anda beli, OAP duluan sedang belanja dan layani, non-OAP baru nongol mau beli, sangat pasti OAP diabaikan dan dahulukan non-OAP bahkan kalau kita protes akan keluarkan berbagai alasan yang menyudutkan/ menekan OAP. 

_2. OAP yang Kaya, Pejabat, Pemimpin dll wajib mendorong usaha milik OAP._

Tidak usa lihat nilai uangnya tetapi bangun prinsip dan mensupot dengan kata² walaupun tidak kenal, memodali bahkan belanja walaupun nilainya kecil cari kios OAP. 

_3. Bangun kerjasama yang kuat antar pengusaha OAP._

Saling membagi informasi dalam hal: membaca moment atau situasi, manajemen, peluang, melengkapi, sediakan wadah diskusi, dll. 

_*Anda pasti tau, lihat, alami semua ini, mulai sekarang jangan diam, bicara! sher! memulai! Maju! Kerja!, Kerja!, Kerja!*_

No comments:

Post a Comment