Featured post

12 Homemade fertilizers for plants easy to find at home

1. Banana Peels: Bury or soak for potassium. 2. Coffee Grounds: Great for acidic plants. 3. Eggshells: Crush and sprinkle for ca...

Search This Blog

slider

Friday, August 11, 2023

Pertanyaan Dr Ibrahim Peyon untuk Orang Melanesia Menggambar dan Menunjukkan Diri Sendiri

Catatan Pengantar:
Lukas 9:20
Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah."  

Yesus bertanya untuk mengkonfirmasi pengetahuan muridNya tentang diriNya. KINI Dr Peyon tanyalan kepada orang Melanesia tentang jatidiri kita, until mengkonfirmasi diri sendiri.

Orang bijak akan berterimakasih atas pertanyaan ini, tetapi orang bebal akan betanya balik, "kenapa tanya, padahal sudah tahu jawaban baru?"
Pertanyaannya sebagai berikut
1). Apakah orang Papua diciptakan oleh Tuhan Pencipta? 
2). Siapa Tuhan Pencipta leluhur orang Papua itu? 
3). Dimana orang Papua itu diciptakan? 
4). Apakah orang Papua keturunan dari Adam dan Hawa?
5). Apakah leluhur orang Papua migrasi dari Afrika?
6). Apakah leluhur orang Papua itu manusia, iblis atau hewan?

BEBERAPA JAWABAN:
1. Ibrahim Peyon
Menurut saya pertanyaan-pertanyaan ini dijawab oleh orang Papua sendiri menurut perspektif bangsa Papua sendiri. Bukan dari pandangan agama barat dan filsafat barat.
2. Mathers Wambrauw
1.Anak Nuh yang bernama Sem, mewarisi wilayah Timur Tengah sampai, Timur ujung dunia yaitu Papua, tepatnya Skouw Jayapura dan Tuhan menaruh orang Papua untuk mengurus kebun anggurNya, ada 18 SDA yang Tuhan taruh diPapua dan 3 yang akan muncul duluan setelah Papua lepas dari Indomi dan dikolala oleh OAP yang diberikan hikmat. Israel bangsa PILIHAN tetapi OAP yang Terpilih untuk menyambut kedatangan Tuhan dari timur ujung dunia. Jadi memang Allah menciptakan orang Papua dari garis keturunan Sem, anak Nuh. 

2.Allah Bapa seperti disampaikan didalam Alkitab. 

3.OAP bermigrasi dari timur Tengah sampai masuk di Indonesia tepatnya pulau Jawa Sangrean, dan 2 manusia yang fosilnya ditemukan tidak sama dengan yang dari Asia lainnya dan mereka dua penetap mula-mula dipulau Jawa dengan volume otak yang satu 2 dan yang satu 5 .OAP memiliki volume otak 5 dan peninggalan lainnya ditemukan di wamena dengan kapak batu dan benda lainny

3. Paulus Akobiarek
Terima kasih pertanyaan tuan peyon sangat baik,sekalipun dinelei oleh constantinopel itulah pikiran manusianya tapi kalau dilihat dari iman saya jawab sbb: 1. Ya, 2. Bapa yhwh, 3. Ditanah papua, 4. Ya, 5. Tidak, 6. Manusia. Trima kasih ini pertanyaan2 utk meneguhkan iman percaya kita bangsa papua a m i n

3.Perius Togodly
Ibrahim Peyon kalo bicara itu sesuai dengan Mitos Moyang orang Papua berbedah-bedah. Masing-masing klen suku punya mitos sendiri-sendiri. Misal di Papua Pegunungan marga Loho adalah dari Anjing, jadi anjing adalah moyang kita, ini mitos dari nenek moyang kita. Dan masing-masing klen suku berbeda-beda. Kalo secara universal untuk Papua kami dari mana itu saya sendiri orang tua belum pernah ceritakan dan belum tahu. KK bisa berikan pandangan untuk kami terkait ini. KK sebagai seorang Antropolog pertanyaan-pertanyaan seperti ini perlu dikembangkan. Antropologi Papua sangat dibutuhkan saat situasi Papua yang selalu darurat ini.

Penutup
Barangsiapa memegang foto atau gambar orang lain dan mengatakan bahkan dengan ancaman mengkleim bahwa itu gambar dirinya, padahal orang lain yang melihat mukanya dengan jelas-jelas tahu bahwa itu bukan dirinya, maka orang itu harus bertobat dan mengaku bahwa ia telah berdosa terhadap Elohim / Wakagak/ Walkarige yang telah menghadirkan dia ke dunia ini.

Rambu-rambunya
1. Hindari cerita orang lain dan perjelas cerita sendiri sehingga gambar atau foto sendiri mekili diri kita daripada mempertahankan gambat orang lain sebagai gambar sendiri,
2. Bangga atas cerita sendiri sebagai jatidir dan kebanggaan pribadi secara kolektif,
3. Pertahankan dan promosikan hambar sendiri.sebagai warisan untuk kepentingan  bersama umat manusia dan dengan segenap komunitas makhluk semesta jagat raya.

No comments:

Post a Comment