Featured post

MAKNA DARIPADA LAGU WILAYAH YALI BESAR

Makna lagu. Dalam budaya yali masing-masing suku ada beda seni selalu mendominasi berbagai aspek kehidupan manusia. Ada dua unsu...

Search This Blog

slider

Wednesday, February 14, 2024

Surat Rindu Papuana untuk Holland

Surat Rindu Papuana untuk Holland
(Janji Nikah yang belum di tepati)

Holland Wae... 
Kopu janji untuk menikahi sa itu sudah 63 tahun ini, sedikit lagi masuk 64 tahun (1 Desember 2023 besok.) Sepucuk surat ini sa tulis dari hutan belantara dari tanah Papua. Tempat sa lari, pas ko jual sa ke laki-laki Indo, 15 Agustus 1962 di New York Amerika.

Sekarang sa su tua dan su ada rambut puti, tapi sa belum pernah kembali ke tempat di mana pertama kali kita bertemu di pelabuhan Jayapura.

Walaupun Mungkin ko sudah lupa tapi, Semua kenangan indah tahun 60an itu masih tersimpan rapi dan selalu muncul dalam keheningan alam yang penuh misteri ini.

Ada satu hal yang paling buat saya sakit hati sampai sekarang itu, setelah Holland ko jual saya ke laki" Indo 15 Agustus 1962, tanpa sepengetahuan saya, ko dengan orang-orang lain sepakat untuk sapu maskawin dengan laki-laki Indo itu, 30 September 1962 di Roma sana.

1 Oktober 2023 kemarin baru sa ingat kalau waktu itu 1 Oktober 1962, orang-orang kasih tau saya kalau ko su jual saya ke laki" Indo itu.

Holland ko laki" penakut, kalau ko laki" Papua mungkin ko sudah perang buat saya k apa ?!

Sisa 1 Bulan lagi masuk bulan Desember tahun 2023. Genap sudah Kopu janji palsu untuk menikahi saya itu menjadi 64 tahun.

Holland wae...
Sa su hidup lama di hutan belantara dengan penantian melewati lintas generasi, waktu itu sapu generasi milenium yang mati, sekarang sapu generasi Milenial yang mati. Cuma gara-gara cinta kita yang bertepuk sebelah tangan ini.

West Papua-24, Oktober 2023

@pengikut

No comments:

Post a Comment